SEJARAH DESA

desertKaligelang adalah desa di kecamatan Taman, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Kaligelang dulunya di kelilingi sungai / kali yang melingkari desa, mirip seperti gelang. Melihat fenomena ini masyarakat menyebutnya dengan nama desa kaligelang.

Desa kaligelang adalah merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang dengan batas – batas :

Sebelah Utara                 : Kelurahan wanarejan Selatan

Sebelah Timur                : Desa Taman

Sebelas Selatan              : Desa Cibelok

Sebelah barat                  : Kelurahan Mulyoharjo,

Desa Kaligelang muncul dari kali dan gelang, artinya Desa yang dikelilingi oleh Kali di sebelah barat desa dengan di sebelah Timur Desa dan yang memberi nama desa kaligelang adalah asal mula ada seorang tokoh religius yang mengembara, yang pada saat itu tokoh tersebut merupakan orang yang datang pertama di dusun Buaran  dan Dusun danayasa yang artinya orang yang babad baron yang dananya dari hasil penjualan tanah baron  /yasa sendiri sehingga dinamakan dusun buaran dan danayasa. Dan dusun tersebut merupakan daerah gerilyawan yang sejak jaman perjuangan sekitar tahun 1810-1830 dan pada waktu itu kepemimpinan dipegang oleh Marta lotre. Mengapa Desa tersebut dinamakan Desa kaligelang karena Desanya di kelilingi oleh dua Sungai yaitu di sebelah Timur Desa dengan nama kali Simban dan sebelah barat Desa Kaligelang Kali  banteng dan kali srengseng